Penyebab HIV AIDS Di Indonesia

Penyebab HIV AIDS Di IndonesiaHIV merupakan singkatan dari ’human immunodeficiency virus’. HIV merupakan retrovirus yang menjangkiti sel-sel sistem kekebalan tubuh manusia (terutama CD4 positive T-sel dan macrophages– komponen-komponen utama sistem kekebalan sel), dan menghancurkan atau mengganggu fungsinya. Infeksi virus ini mengakibatkan terjadinya penurunan sistem kekebalan yang terus-menerus, yang akan mengakibatkan defisiensi kekebalan tubuh

Penyebab HIV AIDS Di Indonesia

Penyebab HIV AIDS Di Indonesia

Penyakit AIDS adalah singkatan dari ‘acquired immunodeficiency syndrome’ dan menggambarkan berbagai gejala dan infeksi yang terkait dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Infeksi HIV telah ditahbiskan sebagai penyebab AIDS. Tingkat HIV dalam tubuh dan timbulnya berbagai infeksi tertentu merupakan indikator bahwa infeksi HIV telah berkembang menjadi AIDS.

Penyebab HIV AIDS Di Indonesia

Penyebab penyakit AIDS di Indonesia belum dapat dijelaskan sepenuhnya. Virus HIV telah ada di dalam tubuh sebelum munculnya penyakit AIDS ini. Namun kenyataan bahwa tidak semua orang yang terinfeksi virus HIV ini terjangkit penyakit AIDS menunjukkan bahwa ada faktor-faktor lain yang berperan di sini.

Faktor-faktor yang berperan dalam penyakit ini adalah :

  1. Penggunaan alkohol dan obat bius
  2. Kurang gizi
  3. Tingkat stress yang tinggi
  4. Adanya penyakit lain terutama penyakit yang ditularkan lewat alat kelamin

Gejala-Gejala HIV AIDS

1. Ciri Mayor

  • Kehilangan 10% dari berat badan lebih dari satu bulan tanpa penyebab.
  • Diare lebih dari satu bulan.
  • Demam yang berlangsung selama lebih dari satu bulan baik konstan atau datang dan pergi

2. Ciri Minor

  • Batuk kering yang tidak sembuh-sembuh.
  • Kulit gatal di seluruh tubuh.
  • Herpes zoster (mirip cacar air, atau disebabkan virus yang juga mengakibatkan cacar air, virus herpes) yang tidak kunjung sembuh.
  • Candidiasis, yang putih, mengangkat ruam pada mulut, lidah, atau tenggorokan.
  • Pembengkakan kelenjar (di leher, ketiak, atau selangkangan) dengan atau tanpa infeksi aktif.

Penyebab HIV Aids di Indonesia melalui transmisi dari cairan tubuh yang mengandunug cairan HIV dengan melalui hubungan seksual baik oleh golongan homoseksual, heteroseksual, dan penggunaan pada jarum suntik pengguna narkotika suntuk, transfusi darah dari ibu yang mengalami serangan HIV kepada bayi yang dilahirkannya. Selain itu penularan dari penyebab HIV Aids di Indonesia yang terjadi akibat dari adanya suatu kontak antara sekresi cairan dalam vagina atau juga sperma seseorang dengan alat kelamin, rektum, dan juga membran mukosa di mulut pasangan yang menderita penyakit HIV Aids. Selain itu, hubungan seksua reseptif yang terjadi dengan tidak menggunakan kondom mempunyai potensi besar untuk mengalami serangan infeksi dan resiko yang paling besar lagi jika melakukan hubungan seksual melalui anal dibandingkan melakukan hubungan seksual melalui seksual biasa serta seks oral. Kekerasan seksual yang terjadi umumnya juga akan meningkatkan resiko peluang untuk terjadinya penularan pada HIV karena kondom yang tidak digunakan dan akan lebih sering untuk mengalami trauma fisik yang terjadi pada rongga vagina yang akan membuat transmisi HIV menjadi semakin mudah terjadi.

GEJALA AIDS

Gejala penyakit aids melalui tiga tahapan, yakni adalah :

  1. IMS atau Infeksi menular seksual akibat terjadi adanya suatu cairan yang keluar lewat alat kelamin dan cairan ini tidak normal seperti kencing nanah dan juga klamidia.
  2. IMS yang terjadi dengan adanya luka disekitar alat kelamin seperti luka herpes misalnya juga sifilis.
  3. IMS yang terjadi dengan adanya sesuatu yang tumbuh dibagian alat kelamin seperti tumor atau jengger ayam. IMS atau infeksi menular seksual merupakan pintu utama untuk masuknya infeksi penyakit HIV Aids. Karena sudah kita ketahui bahwa HIV bisa menular lewat cairan tubuh misalnya seperti cairan mani atau cairan sperma dan juga cairan vagina atau juga melalui darah. Dengan adanya serangan IMS maka Penyakit HIV Aids menjadi lebih mudah masuk dan menular karena cairan tubuh atau juga cairan darah yang terdapat pada luka IMS.

Penyebab HIV Aids di Indonesia harus segera ditangani. Cara mengobati HIV Aids adalah :

  1. Menjauhi hubungan seksual yang bebas dilakukan dan tidak setia pada pasangan.
  2. Menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual. Karena kita tidak akan pernah tahu pasangan seksual kita mengalami IMS atau mengidap penyakit HIV Aids atau tidak.
  3. Jangan menggunakan narkotika jenis suntik
    Sebaiknya menggunakan jarm suntik yang bersamaan atau juga alat penembus atau alat peluka kulit lainnya seperti tatto harus dihindari. Penularan yang terjadi akan menjadi lebih mudah jika lewat darah.
  4. Edukasi atau pendidikan
    sebaiknya beritahukan keluarga, pasangan Anda dan orang lain yang Anda kenal. Karena jika semakin banyak orang mengetahi informasi ini, akan semakin tinggi tingkag pencegahan Aids dan akan semakin berkurang pravalensi dari terjadinya penyakit HIV Aids.

Penyebab HIV AIDS Di Indonesia


=====================================

>>> Buah Merah Untuk Pengobatan Hiv/Aids, Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bagi Penderita Hiv/Aids, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab HIV AIDS and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>